Pengertian Ips SD
a. Pengertian IPS merujuk pada kajian yang memusatkan perhatiannya pada
aktivitas kehidupan manusia.
b. Aktivitas manusia dilihat dari dimensi waktu yang meliputi masa lalu,
sekarang dan masa depan .
c. Aktivitas sosial Aktivitas manusia yang berkaitan dalam hubungan dan
interaksinya dengan aspek keruangan atau geografis.
d. Manusia dalam memenuhi segala
kebutuhan hidupnya dalam dimensi arus produksi, disitribusi dan konsumsi.
e. Aktivistas manusia dalam membentuk seperangkat peraturan sosial dalam
menjaga pola interaksi sosial antar manusia dan bagaimana cara manusia
memproleh dan mempertahankan suatu kekuasaan.
f. fokus kajian IPS adalah berbagai aktivitas manusia dalam berbagai
dimensi kehidupan sosial sesuai dengan karakteristik manusia sebagai makhluk
sosial (homo socius).
a. Organisasi materi pendidikanIPS pada tingkat sekolah dasar menggunakan
pendekatan secara terpadu/ fusi.
b. disesuaikan dengan karakteristik tingkat perkembangan usia siswa SD yang masih
pada taraf berpikir abstrak.
c. Materi pendidikan IPS SD tidak menunjukkan label dari masing-masing
disiplin ilmu sosial.
d. Materi disajikan secara tematik dengan mengambil tema-tema sosial yang
terjadi disekitar siswa.
e. Demikian juga halnya tema-tema sosial yang dikaji berangkat dari
fenomena-fenomena serta aktivitas sosial yang
terjadi disekitar siswa.
f. Tema-tema ini kemudian semakin meluas pada lingkungan yang semakin jauh
dari lingkaran kehidupan siswa.
a. Menurut Hasan (1996; 107), tujuan pendidikan IPS dapat dikelompokkan ke
dalam tiga kategori, yaitu
·
pengembangan kemampuan intelektual siswa,
·
pengembangan kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat
dan bangsa serta
· pengembangan diri siswa sebagai pribadi
b. Tujuan pertama berorientasi pada pengembangan kemampuan intelektual yang
berhubungan dengan diri siswa dan kepentingan ilmu pengetahuan khususnya
ilmu-ilmu sosial.
c.
Tujuan kedua berorientasi pada pengembangan diri
siswa dan kepentingan masyarakat.
d.
Sedangkan tujuan ketiga lebih berorientasi pada pengembangan pribadi
siswa baik untuk kepentingan dirinya, masyarakat maupun ilmu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar