Selasa, 01 Desember 2015

PENGERTIAN, ORGANISASI MATERI DAN TUJUAN PENDIDIKAN IPS SD


Pengertian Ips SD
a. Pengertian IPS merujuk pada kajian yang memusatkan perhatiannya pada aktivitas kehidupan manusia.
b. Aktivitas manusia dilihat dari dimensi waktu yang meliputi masa lalu, sekarang dan masa depan .
c. Aktivitas sosial Aktivitas manusia yang berkaitan dalam hubungan dan interaksinya dengan aspek keruangan atau geografis.
d. Manusia  dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya dalam dimensi arus produksi, disitribusi dan konsumsi.
e. Aktivistas manusia dalam membentuk seperangkat peraturan sosial dalam menjaga pola interaksi sosial antar manusia dan bagaimana cara manusia memproleh dan mempertahankan suatu kekuasaan.
f. fokus kajian IPS adalah berbagai aktivitas manusia dalam berbagai dimensi kehidupan sosial sesuai dengan karakteristik manusia sebagai makhluk sosial (homo socius). 

Organisasi Materi IPS SD
a. Organisasi materi pendidikanIPS pada tingkat sekolah dasar menggunakan pendekatan secara terpadu/ fusi.
b. disesuaikan dengan karakteristik tingkat perkembangan usia siswa SD yang masih pada taraf berpikir abstrak.
c. Materi pendidikan IPS SD tidak menunjukkan label dari masing-masing disiplin ilmu sosial.
d. Materi disajikan secara tematik dengan mengambil tema-tema sosial yang terjadi disekitar siswa.
e. Demikian juga halnya tema-tema sosial yang dikaji berangkat dari fenomena-fenomena serta aktivitas sosial yang  terjadi disekitar siswa.
f. Tema-tema ini kemudian semakin meluas pada lingkungan yang semakin jauh dari lingkaran kehidupan siswa. 

Tujuan Pendidikan IPS SD
a. Menurut Hasan (1996; 107), tujuan pendidikan IPS dapat dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu
·  pengembangan kemampuan intelektual siswa,
· pengembangan kemampuan dan rasa tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta
·   pengembangan diri siswa sebagai pribadi
b. Tujuan pertama berorientasi pada pengembangan kemampuan intelektual yang berhubungan dengan diri siswa dan kepentingan ilmu pengetahuan khususnya ilmu-ilmu sosial.
c.       Tujuan kedua berorientasi pada pengembangan diri siswa dan kepentingan masyarakat.
d.      Sedangkan tujuan ketiga lebih berorientasi pada pengembangan pribadi siswa baik untuk kepentingan dirinya, masyarakat maupun ilmu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar